Selasa, 09 April 2013

Kualitas dan Fungsi Baja

Assalamu'alaykum, kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai ilmu yang saya dapatkan di perkuliahan tadi siang, 9 April 2013. Selama ini saya tidak terpikirkan sama sekali untuk membagikan ilmu yang sudah saya pelajari di perkuliahan jurusan saya, yaitu jurusan Arsitektur Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ^^

Maklum, selama ini, saya banyak sekali beraktivitas yang diluar bidang pendidikan saya ini. Seperti melukis, berkebun, fotografi, kegiatan organisasi, mendaki gunung, dan lain sebagainya. Oke, selamat belajar yah, semoga bermanfaat apa yang saya bagikan di sini ^^

Kualitas dan Fungsi Baja

  • Berdasarkan Komposisi
    • Baja Karbon
    • Baja Paduan Rendah
    • Baja Tahan Karat
  • Berdasarkan Proses Pembuatan
    • Tanur Baja Terbuka
    • Dapur Listrik
    • Proses Oksidasi Dasar
  • Berdasarkan Bentuk Produk
    • Pelat Batangan
    • Tabung
    • Lembaran
    • Pita
    • Bentuk Struktural
  • Berdasarkan Struktur Mikro
    • Feritik
    • Perlitik
    • Martensitik
    • Austenik
  • Berdasarkan Kegunaan dalam Konstruksi
    • Baja Struktural
    • Baja Non Struktural

Selain pembagian di atas, ada beberapa jenis Baja : 
  • Baja Tahan Garam (Acid Resisting Steel)
  • Baja Tahan Panas (Heat Resisting Steel)
  • Baja Tanpa Sisik (Non Scaling Steel)
  • Electric Steel
  • Magnetic Steel
  • Baja Tahan Pakai (Wear Resisting Steel)
  • Baja Tahan Karat/Korosi

0 komentar:

Posting Komentar