Senin, 04 Maret 2013

Mengenal Lukisan Impresionisme

Lukisan-lukisan karya Claude Monet

Aliran Impresionisme dalam lukisan merupakan aliran lukisan yang sangat terkenal selain aliran naturalisme dan ekspresionisme. Aliran ini berkembang pesat di abad ke 19, yang berawal di Paris pada tahun 1860an. Nama Impresionisme pun bermula dari lukisan Claude Monet, yang berjudul, "Impression, Sunrise" atau dalam Bahasa Prancisnya adalah "Impression, soleil levant"Akhirnya seorang kritikus seni mengangkat nama ini sebagai sindiran. 

Ciri khas lukisan impresionisme adalah goresan yang kuat, warna-warna yang cerah, bahkan mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya, komposisinya terbuka, dan sangat menekankan pada aspek pencahayaan, dan subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu ditonjolkan, dan uniknya lukisan impresionisme terkadang memiliki sudut pandang yang begitu berbeda dan menarik. 
Salah satu lukisan Van Gogh yang paling terkenal (The starry night)

Anda bisa melihatnya dari lukisan di samping, lukisan impresionisme begitu memiliki ciri khas yang mudah diingat, sapuan-sapuan kuas yang cenderung pendek dan tidak mendetail pada objeknya, dan memiliki tingkat kecerahan yang tinggi, bayangan yang dihasilkan pun bukan murni warna hitam, tapi berasal dari campuran beberapa warna dasar yang dituakan. Beberapa pelukis terkenal yang beraliran impresionisme adalah Claude Monet dan Vincent Van Gogh. (Rizqon/tulisan tahun lalu/repost from averbrain.net)

2 komentar:

  1. playlist yang kedua judul lagunya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai sori baru balas. Aku lama.ga cek blog ini. Lagu apa ya? Coba nanti aku buka di pc biar terdengar lagunya

      Hapus